Sat Lantas Gelar Ops Patuh Cartenz dan Himbau Pengendara di TL Dok II



Polresta Jayapura Kota,- Satuan Lalu Lintas Polresta Jayapura Kota melaksanakan giat Operasi Patuh Cartenz 2024 di kawasan TL Dok II yang dipimpin langsung oleh Iptu Slamet Sabariyanto, S.Sos, Rabu (17/7).


Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas di kalangan masyarakat Jayapura.


Dalam operasi hari ini, Iptu Slamet bersama personel berfokus pada pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran kasat mata.


“Kami menindak pengendara yang tidak menggunakan helm, baik pengendara maupun yang dibonceng, pengendara di bawah umur, serta mereka yang menggunakan handphone saat berkendara. Selain itu, kami juga memeriksa kendaraan yang menggunakan knalpot brong dan pengendara yang dalam pengaruh minuman keras,” ujar Iptu Slamet Sabariyanto.


Selain penindakan, Iptu Slamet bersama personel Sat Lantas Polresta Jayapura Kota juga melakukan edukasi kepada masyarakat.


"Kami mengimbau kepada para pengendara dan pengguna jalan agar selalu tertib berlalu lintas. Naik motor harus menggunakan helm, jangan menggunakan knalpot brong, jangan berkendara dalam pengaruh miras, dan anak-anak di bawah umur tidak boleh mengendarai kendaraan," tambahnya.


Operasi Patuh Cartenz 2024 yang sudah berjalan selama tiga hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas.


"Kami menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan langsung kepada pengendara tentang pentingnya menggunakan helm, tidak berboncengan lebih dari satu, mengganti knalpot brong, dan memastikan kendaraan memiliki plat nomor yang valid serta membayar pajak tepat waktu," tegasnya.


Iptu Slamet juga berpesan kepada para orang tua di Kota Jayapura agar melarang anak-anak mereka yang di bawah umur untuk mengendarai motor.


"Banyak anak-anak yang mengendarai kendaraan terutama di daerah Ringroad secara tidak beraturan dan sering melakukan freestyle yang berbahaya seperti mengangkat ban. Hal ini sering menyebabkan kecelakaan dan korbannya kebanyakan dari usia pelajar," ungkapnya.


Dengan adanya Operasi Patuh Cartenz 2024 ini, diharapkan masyarakat Jayapura semakin sadar dan disiplin dalam berlalu lintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.(*)


Penulis : Sesa

Post a Comment

Previous Post Next Post