Kodim 0210/TU Laksanakan Upacara Ziarah Dan Donor Darah Dalam Rangka HUT Kodam I/BB Ke - 74


TAPUT - Dalam rangka memperingati HUT Kodam I/BB Ke 74 yang jatuh pada tanggal 20 Juni 2024 Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal S.Hub. Int, M.H.Ι, memimpin upacara ziarah di Makam Pahlawan Tarutung dengan Tema "Kodam I/BB Bersinergi Dengan Rakyat Manunggal Membangun Negeri" bertempat di jalan Melanton Siregar Kelurahan Hutatoruan X Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput, Kamis (13/6/2024). 


Turut hadir dalam upacara ziarah dimakam pahlawan Kasdim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Pabung Humbahas Mayor Arm O Simarmata, Pabung Toba Mayor Arh AS Butarbutar, Pabung Samosir Kapten Arm G Sebayang, PA Staf Dim 0210/TU, Danramil Jajaran Dim 0210/TU, Dan Tebek 1/5.B Tarutung Kapten Cba R Hidayat, Dansub PM 1/ 2-2 Lettu Cpm S Rumahorbo, Danton Kompi A Yonif 123/RW Letda Inf Ninco Pangaribuan, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XLIII Dim 0210, Ny. Putri Saiful Rizal, Wakil Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIII Dim 0210, Ny. K. Napitupulu, Pengurus dan Anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIII Dim 0210, Barisan Pamen, Barisan Pama, Kodim 0210/TU 1 SST, Kipan A Yonif 123/RW 1 SST dan Persit KCK.


Selesai kegiatan upacara ziarah dilanjutkan  kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati HUT Kodam I/BB yang ke-74 Tahun 2024 bertempat di aula makodim 0210/TU jalan Suprapto Kelurahan Hutatoruan X Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput. 


Letkol Inf Saiful Rizal menjelaskan Acara yang diawali dengan penghormatan kebesaran itu, merupakan suatu bentuk pengabdian para prajurit terhadap para Pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan, sekaligus menjaga kedaulatan NKRI.


"Ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan. Kita juga mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Dandim 0210/TU


Karangan bunga juga turut menghiasi Makam Pahlawan Tarutung karena menurut Dandim karangan bunga itu merupakan simbol penghargaan kepada para pejuang yang secara suka rela mengorbankan nyawanya hanya untuk mempertahankan keutuhan Indonesia.


"Tabur bunga di pusara makam para pahlawan, merupakan penghargaan terhadap perjuangan dan jasa-jasa yang diberikannya kepada nusa dan bangsa," ungkapnya.


"Diharapkan melalui kegiatan ini mampu menjadi penyemangat dan motivasi bagi para prajurit untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara Kesatuan Republik


"Diharapkan melalui kegiatan ini mampu menjadi penyemangat dan motivasi bagi para prajurit untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," 


Dandim juga menambahkan Kodim 0210/TU juga mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan wujud perhatian dari instansi TNI terhadap Pemerintah dalam rangka membantu meningkatkan ketersediaan darah di Rumah Sakit Tarutung. 


Pihaknya berharap kegiatan bakti sosial donor darah tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini. Semoga sumbangsih ini menjadi amal ibadah bagi para pendonor," Pungkasnya.|Wardana 

Post a Comment

Previous Post Next Post